Minggu, 31 Januari 2016

Pepatah Bodoh

Gw gak pernah percaya kalimat kedua gambar di bawah ini ini.
Gw selalu ketawa. Tapi gw gak merasa bahwa gw ketawa karena gw sedih. Gw gak pernah merasa senyum yang gw keluarin karena gw orang paling merana yang ada dunia ini. Menurut gw, gambar di atas cuma excuse aja. Kata-kata bohong dari mereka, seakan mereka kuat, terus pengen nunjukkin kalo mereka baik-baik aja. Kode sampah.

Lo pernah gak merasa gak berguna?

Semua masalah yang ada itu terjadi karena lo ada. Tapi, lo dilarang melakukan apa-apa. Dan gak bisa pula. Ada prioritas lain yang lebih penting. Pendidikan. Masa depan. Padahal itu semua membuat keadaan ricuh.

Dan lo cuma bisa melongo dengan tangan terikat keadaan, gak tau harus ngapain.

Gw lagi iseng-iseng buka folder gambar gw, dan muncul tiba tiba gambar di atas. Gw berpikir. Gimana bisa orang yang paling sedih di dunia tersenyum paling cerah? Karena gw gak bisa tersenyum sekarang. Senyumnya palsu, kaku, gak bebas.

Senin, 11 Januari 2016

Tes Kokologi

Gw lagi gabut, terus buka link ini di fb. Haha, kayak emak emak ya gw.

http://www.isigood.com/hiburan/ingin-mengenal-dirimu-lebih-dekat-coba-tes-kokologi-ini/

Ada satu soal yang agak mengganggu gw






Gw jawab yang kedua.

Dan ternyata...



Huh. I was not as honest as I thought.

Rabu, 30 Desember 2015

Ketika OTI dan Prosman Bersatu untuk Menghancurkan Kita Semua

Omigeee, this freaking semester is going to end!!!!!!

FYI, semester 3 adalah semester yang paling gila di TI ITS, selain semester 6. Kenapa? KARENA SEMUA MATA KULIAHNYA MEMILIKI BANYAK SEKALI PRAKTIKUM DAN TUGAS BESAR.

"Goblok dah lu, itu kan wajar buat anak kuliah!" Oh, tentu tidak, sodara-sodara. Emang biasanya sibuk, tapi ini lebih parah dibanding semester-semester lainnya. Apalagi semester ini baru angkatan gw yang rasain matkulnya setelah di ekivalensi. Ada...

1. OTI
Otomasi Industri. Jujur gw suka banget pelajaran ini. Lu belajar tentang penggunaan otomasi (sebuah sistem dimana semua serba otomatis) yang diaplikasikan ke dunia industri pastinya (yaiyala gw anak TI). Nah, di mata kuliah ini, gw harus ngebikin prototipe otomasi tersebut. DAN ITU TIDAK MUDAH KAPTEN!!!

Lu harus riset harga barang, harus desain, harus liat apa yang dibutuhin masyarakat. Gw banyak dibantu sih sama jurusan sebelah, secara gw kurang paham mesin sama programming haha, tapi tetep aja yak muter otaknya susah dan keluar uang banyak. Lu harus bolak-balik konsultasi dan ke asisten lab, takutnya salah. Belom lagi paper yang ada 4 judul. Oh. Mai. Gat.

2. Prosman
Proses Manufaktur. Easy to guess, ya, ngebahas segala proses yang ada di dunia industri. Ini juga salah satu mata kuliah favorit gw. Tapi, praktikumnya ada tiga, berarti ada tiga modul dan tiga laporan individu dan enam kali asistensi. Belom kalo alatnya rusak. Bahkan suatu kali gw pernah gak tidur karena ngerjain modul. EH gak suatu kali deng. Tapi TIAP HARI KAMIS KE JUMAT (deadline-nya Jumat soalnya wkwk).

3. ANBI
Alias Analisis dan Estimasi Biaya. Gw juga jatuh cinta sama pelajaran ini. Itungan biasa lah tambah-tambahan kali-kalian, pelajaran akuntansi namanya kalo di SMA, tapi gw sampe ke tingkat manajerial (kalo gak paham silahkan cari bukunya Warren Reeve Duhac tentang akuntansi, that book is freaking cool!). Tubesnya lagi lagi lu harus ke UKM sekitar dan ngejar ngejar mereka, minta data keuangan, bahkan nyusun bonnya. Bikin pinter sih, tapi bikin exhausted juga. Terus, ada juga responsi tiap minggu. Kayak latihan di kelas gitu lah.

4. Ergo
Ergonomi Industri. Hah, apaan tuh Ergonomi? Intinya sih mempelajari gimana ya manusia biar aman dan nyaman dalam melakukan kerja (karena aman sekali berarti tidak nyaman dan nyaman sangat berarti tidak aman).  Praktikumnya ada LIMA!!! YEAAAAAAAA!

Praktikum lima kali berarti modulnya pun lima, dengan lima kali asistensi dan percetakan all module yang super ribet (sampe detik ini modul gw sudah mencapai 200 halaman). Belom lagi tugas besar di akhir semester dan tugas kecil tiap minggunya. Yaudah gw mah narik napas aja.

5. Matop
Gw gak ngerti lagi sama mata kuliah satu ini. Ini gak bikin lu sibuk tapi nilai gw kebakaran semua di mata kuliah satu ini. Pelajarannya full sama matriks. Gw nyesel dulu gak dengerin Bu Sopi pas lagi ngajar :(

6. Statistik Industri II
Salah satu mata kuliah favorit gw juga. Dosennya paling kece sedunia, namanya Pak Erwin Widodo. Dewa dia pokoknya, mengubah yang bego ileran jadi ngerti luar biasah. Tapi tetep aja, mata kuliah ini, kalo gak diulang di kamar, bisa lupa sampe mokat. Seperti biasa, ada tubesnya juga haha.


Overall, ini semester dimana gw banyak sekali tidak tidurnya. Sosoan ya, padahal baru semester 3. Tapi, pas gw lagi nganggur gini, gw malah heran kok gw bisa nganggur...